Hello Foodlava …\(^0^)/
Sudah kenyang hari ini?
Kemarin aku baru jalan-jalan di daerah Gedong Kuning. Jalan-jalan kesananya emang di sengaja sih soalnya lagi kepingin banget makan masakan cita rasa rumahan buat buka puasa, dan tadaa…langsung deh kepikiran buat makan nasi megono khas pekalongan yang ada di daerah Gedong kuning ini. Sebenernya lumayan jauh juga lokasinya kalo dari daerah tempat tinggal aku but this food it’s really worth to satisfy your hunger! Especially, buat kamu yang suka dan kangen makanan cita rasa rumahan khas daerah.

Nasi Megono lauk telur dadar plus gorengan tahu isi udang cost Rp. 10.000

Sebenernya udah pernah kesini sebelumnya sekitar hampir 1,5 bulan lalu, diajakin temen pas abis dari pameran EHEF di gedung JEC. Temen aku yang notabene asli pekalongan ngajakin mampir makan di warung pinggir jalan gak jauh dari JEC. Dari pintu keluar JEC belok kiri, ikutin jalan, nanti bakal ketemu lampu merah ambil lurus aja (dari sini pelan-pelan aja jalannya) setelah halte transjogja kiri jalan ntr ketemu warung tenda pinggir jalan warna kuning nangkring dengan indahnya. Exact location : Jalan Gedong Kuning no 179 (Depan Dealer Yamaha) https://www.google.co.id/maps/place/Jl.+Gedong+Kuning+No.179,+Rejowinangun,+Kotagede,+Kota+Yogyakarta,+Daerah+Istimewa+Yogyakarta+55171/data=!4m2!3m1!1s0x2e7a5769ff1e33b5:0xadd8d03d5547fb09?sa=X&ved=0ahUKEwjpyNyqt5vRAhXMgI8KHV7SAlQQ8gEIGDAA

Waktu aku sama temenku kesana sekitar jam 17.00 WIB pas banget warungnya baru buka, makanannya masih pada anget, menu masih lengkap, gorengannya yang endess banget baru masuk penggorengan. Kami waktu itu pesan buat di bungkus dan selagi nunggu gorengannya mateng jadilah aku tanya-tanya dong sama penjualnya soal menunya. Penjualnya seorang ibu-ibu yang sudah berumur tapi ramah banget, aku dibolehin ambil foto bahkan dibantuin cari angel yang bagus segala. Disini berasa kayak lagi di rumah dilayani sama ibu sendiri, homy banget. Karena sebelumnya aku belum pernah makan nasi megono ini, dan karena bahan utama topping sayurnya adalah nangka muda mirip kayak gudeg aku udah skeptis duluan kalo ini makanan bakalan manis and out of my favorite menu. Ternyataaa…tidak manis sama sekali saudara-suadara. ya kalo pun ada rasa manis paling hanya rasa manis alami sayuran nangka mudanya aja. Jadi, nasi megono ini bisa aku bilang mirip nasi ramesnya khas pekalongan. Ciri khasnya itu ada pada sayur nangka muda yang dimasak bersama parutan kelapa dan rempah-rempah. Lain halnya dengan gudeg, sayur ini tidak manis sekali foodlava, bisa aku bilang manisnya wajar/pas di lidah aku yang gak terlalu suka makanan manis ini. Additional topping lainnya ada ikan asin yang kriuk-kriuk (ini favorite aku), sambal, dan masakan pelengkap lain : Cumi tumis saus hitam, opor ayam, ikan panggang santan, ayam goreng, telur dadar, telur balado. Semua menunya terapampang di bannernya.

Gorengan tahu isi udang 1000 an ajah, mantap abis.

Nah, satu menu pelengkap yang wajib kamu coba adalah gorengan tahunya ini foodlava. Gorengan tahunya ini lain dari pada yang lain soalnya ada tambahan udang di atas tahunya dan digoreng sama tepung yang gurih. Enyak banget disantap pas hangat, dan anyway gorengannya setiap beli kesana pas anget terus. Enyak dan murah cucok banget buat kantong mahasiswa. Tapi buat kamu yang punya porsi ekstra kalo makan, mungkin harus pesan dua bungkus nasi megono atau ekstra nasi kali ya. Soalnya menurut aku nasinya kalo buat porsi cewek cukup banget sih, tapi kalo buat cowok mungkin agak kurang banyak.
But after all, ini nasi megono khas pekalongan yang paling enak sejauh yang pernah aku coba. Tempatnya juga lumayan rame, kedua kali aku kesana sekitar jam 20.00 WIB menunya udah banyak yang abis padahal ini warung tenda bukanya baru dari jam 17.00 WIB dan paling malem jam 22.00 WIB

jadi kalo yang masih pada bingung mau dinner kemana, atau sore-sore iseng laper pingin yang anget-anget endes. Nasi Megono khas Pekalongan daerah Gedong Kuning, Sleman, Yogyakarta ini bisa kamu masukin ke list jalan-jalan kulineran kamu. FIY, warung ini udah ada instagramnya loh walaupun sepertinya masih baru dan belum banyak followersnya. Dan sayangnya karena warung ini belum ada di list Go-food jadi kalo mau makan langsung dateng ke tempat guys.
Salam kuliner…..see ya in next post \(^0^)/

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *